Jetpack Compose - Tooling

The Ngoding

Penting

Pembahasan ini merupakan rentetan dari topik pembahasan tentang Dasar Dasar Jetpack Compose, terdapat hampir 100 pembahasan, untuk melihat daftarnya silahkan klik DAFTAR PEMBAHASAN COMPOSE

Setelah kita membahas tentang Pengenalan Jetpack Compose, kali ini kita akan membahas hal hal terkait compose yang kita butuhkan.

IDE

Untuk IDE sendiri, kita gunakan Android Studio ya guys. Android Studio adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android. Android Studio menyediakan berbagai fitur yang dirancang khusus untuk pengembangan Android, seperti emulator Android, alat debugging yang kuat, dukungan untuk berbagai macam perangkat keras, dan banyak lagi.

Alasan utama untuk menggunakan Android Studio dalam pengembangan aplikasi Android adalah karena dukungan langsung dari Google. Ini berarti bahwa Android Studio selalu diperbarui dengan fitur dan perbaikan terbaru untuk platform Android.

Selain itu, Android Studio adalah satu-satunya IDE yang mendukung Jetpack Compose secara penuh. Ini berarti bahwa Kalian mendapatkan fitur seperti preview langsung dari komponen Compose, dukungan kode lengkap untuk API Compose, dan alat debugging yang dirancang khusus untuk Compose.

Untuk pengembangan dengan Jetpack Compose, Kalian harus menggunakan Android Studio Arctic Fox (2020.3.1) atau versi yang lebih baru. Versi ini dan yang lebih baru mendukung Jetpack Compose sepenuhnya.

Library

Berikut adalah beberapa library yang dapat mendukung pengembangan aplikasi dengan Jetpack Compose:

  1. Compose UI: Ini adalah library utama yang Kalian butuhkan untuk membangun UI dengan Jetpack Compose.

  2. Compose Material: Library ini menyediakan komponen Material Design yang siap pakai.

  3. Compose Animation: Library ini memungkinkan Kalian menambahkan animasi ke aplikasi Kalian.

  4. Compose Runtime: Library ini diperlukan untuk runtime Jetpack Compose.

  5. Compose Tooling: Library ini digunakan untuk tooling di Android Studio, seperti preview.

  6. Accompanist: Library ini menyediakan berbagai utilitas dan ekstensi yang berguna untuk Jetpack Compose, seperti pemuatan gambar, paging, dan lainnya.

Plugin pada android studio

Kalian yang ingin mengembangkan aplikasi dengan compose, coba library yang akan the ngoding sebutkan yaaa, pasti membantu kalian. untuk meng install librari ini kalian cukup ke Settings=>Plugins=>Market Place kemudia cari dengan kata kunci Compose

  1. Jetpack Compose: Plugins ini dibuat oleh jetbrain ya guys agar android studio kalia bisa menggunakan jetpack. Detail tetang library ini ada di link ini

  2. Compose Helper: Plugin ini dapat membantu kalian memunculkan HINT agar auto complete ya guys, jadi sangat berguna sekali. detail bisa dilihat disini

  3. Compose Hammar: Library yang satu ini sama dengan yang helper, hanya saja opsinya lebih banyak

  4. Json To Kotlin Class: Kalau yang satu ini optional sih guys, ga terlalu butuh banget sebenanrnya, tapi kalau kalian mau make untuk mempercepat kerja kalian bisa gunakan ini librari. tidak harus compose, selama kalian bikin aplikasi menggunakan kotlin, librari ini bisa kalian gunakan.

Okeee, Segini dulu ya guys, samapi ketemu di tutorial tutorial berikutnya.


✨”Jika Kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan” ✨Imam Syafi’i

Previous Post Next Post

13 Alasan Jetpack Compose Lebih Baik untuk Pengembangan Aplikasi Android

Cong Fandi

Jetpack Compose - Surface

Cong Fandi

Jetpack Compose - CutCornerShape

Cong Fandi

Jetpack Compose - RoundedCornerShape

Cong Fandi

Jetpack Compose - CircleShape

Cong Fandi

Video

The Ngoding

Categories