Jetpack Compose - Pengenalan

The Ngoding

Penting

Pembahasan ini merupakan rentetan dari topik pembahasan tentang Dasar Dasar Jetpack Compose, terdapat hampir 100 pembahasan, untuk melihat daftarnya silahkan klik DAFTAR PEMBAHASAN COMPOSE.

Halo sobat Ngoding, pada postingan kali ini kita akan mmembahas tentang teknologi yang baru saha dirilis oleh google yaitu Jetpack Compose. kita akan bahas tentang pengenalan terlebih dahulu tentang apa sih itu jetpack compose.

Pengertian

Menurut situs resmi jetpack pada halaman android developer site,

“Jetpack Compose is Android’s recommended modern toolkit for building native UI. It simplifies and accelerates UI development on Android. Quickly bring your app to life with less code, powerful tools, and intuitive Kotlin APIs.”

Bahasa yang digunakan

Jetpack compose ini menggunakan bahasa Kotlin ya guys, dan tiap function mewakili component dengan menambahkan anotation

@Composable

sebagai contoh

    @Composable
    fun TestComponent(){
      Text(text="Halo The Ngoding")
    }

Fungsi diatas sudah dapat dikatakan sebuah halaman ya/activity/component. kalau bahasa android nativenya. intinya dapat dirender sebagai sebuah tampilan dan kaliabebas menyebutnya sebagai apa xD.

Kebayang ga guys perbedaannya dengan android native jaman dulu? 1 halaman aja butuh 2 file, xml filenya dan java filenya.

Misal kita bikin 1 halaman test saja kita butuh

TestActivity.java dan test_activity.xml

Bagaimana? Sudah mulai tertarik migrasi ?

Tenang saja guys, kita akan bahas kemampuan lain yang tak kalah menarik untuk dicoba.

Live Preview

Yessss, kalian tidak salah dengr guys, Pada jetpack compose terdapat live preview yang mereka sebut dengan Compose Preview

Compose Preview ini memungkinkan kalian untuk melihat hasil kerjaan kalian tanpa harus membuka emulator apa lagi harus menjalankannya. cukup ngoding dan langsung liat hasilnya.

Live Preview

Pada gambar diatas, Preview sebelah kanan bukanlah emulator ya guys, melainkan hanya sebuah preview yang dapat kalian split baik kanan maupun kebawah.

Oke, Cukup sekian dulu perkenalannya, kita akan bahas lanjutan kisah tentang jetpack kompose ini di postingan selanjutnya.


✨”Jika Kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan” ✨Imam Syafi’i

Previous Post Next Post

13 Alasan Jetpack Compose Lebih Baik untuk Pengembangan Aplikasi Android

Cong Fandi

Jetpack Compose - Surface

Cong Fandi

Jetpack Compose - CutCornerShape

Cong Fandi

Jetpack Compose - RoundedCornerShape

Cong Fandi

Jetpack Compose - CircleShape

Cong Fandi

Video

The Ngoding

Categories