Cara kirim email lamaran kerja 2023 @ Cong Fandi | 2022-10-27T04:00:00+07:00 | 4 minutes read | Update at 2022-10-27T04:00:00+07:00

Kali ini sobat ngoding ga akan bahas tentang ngoding, tapi akan bahas tentang cara kirim email lamaran kerja yang saya rasa, saya perlu banget bahas ini.

Pada awal tahun 2022 saya melakukan perekrutan besar besaran untuk tim saya, dan saya mendapatkan banyak email lamaran kerja. Dan saya merasa, banyak sekali yang salah dalam mengirim email lamaran kerja. Salah satu kesalahan yang paling sering saya dapati adalah email lamaran kerja yang tidak disertai dengan CV, kadang juga tidak disertai body email dan hanya mengirimkan file CV saja. Jadi saya akan bahas sedikit tentang cara kirim email lamaran kerja yang benar.

Judul email

Judul email yang baik adalah judul email yang jelas dan singkat. Jangan sampai judul emailnya panjang panjang, dan jangan sampai judul emailnya tidak jelas. Jadi saya sarankan, judul emailnya jelas dan singkat.

Isi email

Isi email yang baik adalah isi email yang jelas dan singkat. Jangan sampai isi emailnya panjang panjang, dan jangan sampai isi emailnya tidak jelas. Jadi saya sarankan, isi emailnya jelas dan singkat.

Lampiran

Lampiran yang baik adalah lampiran yang jelas dan singkat. Jangan sampai lampiran panjang panjang, dan jangan sampai lampiran tidak jelas. Jadi saya sarankan, lampiran jelas dan singkat.

Penutup

Penutup yang baik adalah penutup yang jelas dan singkat. Jangan sampai penutup panjang panjang, dan jangan sampai penutup tidak jelas. Jadi saya sarankan, penutup jelas dan singkat.

Jadi gimana guys? sudah jelas ?

Oke aku bercanda yaa.. hahahaha

Oke kita bahas saru satu ya.

  • Judul Email

    Judul ini guys bisa dibilang juga subject email biasanya sudah ditentukan oleh yang membuat lowongan kerja, saran saya jangan sekali kali kalian merubah sesuai keinginan kalian dan karena in isudah pasti difilter, akan tetapi misal tidak ditentukan oleh si pembuat lowongan, maka disitulah UJIAN PERTAMA KALIAN DIMULAI

  • Isi Email

    Isi Email atau isitilahnya bisa disebut juga Body email. Kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar sering saya temui disini ya, bahkan hal ini pernah dibahas oleh kaesang di twitter pribadinya.

    Berkaitan dengan Body Email sebaiknya kalian lakukan dalam beberapa tahap, yaitu:

    1. Salam pembuka
    2. Perkenalan diri
    3. Pengalaman kerja
    4. Penutup

    Usahakan kalian bahas secara singkat saja, biasanya ga dibaca juga sih langsung ambil ke CV, tapi jangan sampai kalian tidak bahas sama sekali, karena ini adalah kesempatan kalian untuk menunjukkan diri kalian kepada perusahaan.

    Yang perlu saya garis bawahi adalah, usahakan semenarik mungkin untuk menunjukan value kalian daripada yang lain.

  • Lampiran Email

    Bagian ini juga ga kalah penting ya guys, ada beberapa hal yang harus kalian lakukan

    1. Beri nama file dengan nama kalian terlebih dahulu (prefix), diikuti filenya dan posisi yang hendak dilamar contoh: fandi-cv-copy-writer.pdf
    2. Jangan sampai lampiran yang kalian kirimkan berukuran besar, karena ini akan memakan waktu yang lama untuk di download oleh perusahaan, dan juga akan memakan kuota perusahaan. Jadi usahakan lampiran yang kalian kirimkan berukuran kecil, dan juga usahakan lampiran yang kalian kirimkan berformat PDF, karena format PDF lebih ringan dan lebih mudah untuk dibaca.
    3. Jangan sampai lampiran yang kalian kirimkan berisi file yang tidak penting, seperti file yang berisi foto, video, dll (Kecuali memang disyaratkan oleh pembuat lowongan). Jadi usahakan lampiran yang kalian kirimkan berisi file yang penting saja, seperti CV, Portofolio, dll.
  • Contoh penulisan Email

    Yth. Bapak/Ibu HRD
    PT The Ngoding Company

    Salam hangat,

    Perkenalkan nama saya Cong Fandi, saya seorang Copy Writer yang berdomisili di Jakarta. Saya tertarik dengan lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan Bapak/Ibu. Saya memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di perusahaan startup di Jakarta. Saya juga memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun di perusahaan startup di Bandung. Saya juga memiliki pengalaman kerja selama 1 tahun di perusahaan startup di Surabaya. 

    Bersama ini saya lampirkan CV saya, dan juga portofolio saya. Saya harap Bapak/Ibu dapat mempertimbangkan saya untuk menjadi bagian dari tim Bapak/Ibu.

    Saya berharap dapat bergabung dengan perusahaan Bapak/Ibu, dan saya siap untuk ditempatkan dimana saja.

    Terima kasih.

    Hormat saya,

    Cong Fandi

Sekian teman teman sekalian, Semoga yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dapat segera mendapatkannya. Aamiin.


✨”Jika Kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar maka kamu harus sanggup menahan perihnya kebodohan” ✨Imam Syafi’i

© 2018 - 2022 The Ngoding

Powered by Hugo with theme Dream.

avatar

The NgodingSebuah cita-cita hanyalah mimpi jika tidak tahu cara mewujudkannya