Cover image
The Ngoding
Jan 29, 2020 • 8 min read

Saya kena tipu 20 miliar

Bismillah, Sobat ngoding kali ini saya tidak akan membahas tentang dunia coding dulu, karena menurut saya hal ini sangat perlu di bahas agar tidak ada yang kena ya, tulisan kali ini akan sangat panjang namun semoga dapat memberikan wawasan kepada rekan rekan sekalian dan dapat menimbulkan rasa mawas diri. Oke kita mulai saja storinya :-D .

Awalnya saya tidak menyangka bahwa saya akan dimodusin oleh seseorang yang mengaku dari luar negeri (United Kindom) dan hendak menawarkan project kepada saya, hari itu tepatnya pada hari Jumat tanggal 24 Januari 2020, saya mendapatkan pesan itu melalui platform LinkedIn.

generate

Karena saya memang sedang ingin mencari kerja remote dibidang perkodingan, saya kira orang ini akan menawarkan project kepada saya otomatis saya langsung menghubungi dia melalui WhatsApp. Pesan saya tidak langsung dibalas dan pada keesekan harinya pada hari sabtu tepatnya jam 10 pagi saya mendapatkan balasan yang berbunyi seperti ini

Thanks for your responses. My name is Mrs. Ana Christopher I am from Romania and my husband is from United Kingdom and we live in Bristol. I lost my husband on August 16, 2014. Meanwhile I have been struggling with cancer for long time and my doctor said that the present stage is uncontrollable and I have a few months more to live. Below are my pictures, I hope you will love to look on them at anytime you are free. I will also like you to send me your own pictures and tell me more about yourself. Which country exactly are you from? What is your real name? How old are you now? And, what is your profession? Are you married or single? Please can I trust you with all my heart?

dalam bahasa indonesia artinya seperti ini

Terima kasih atas tanggapan Anda. Nama saya Ny. Ana Christopher Saya dari Romania dan suami saya dari Inggris dan kami tinggal di Bristol. Saya kehilangan suami pada 16 Agustus 2014. Sementara itu saya sudah lama berjuang dengan kanker dan dokter saya mengatakan bahwa tahap ini tidak dapat dikendalikan dan saya masih punya beberapa bulan lagi untuk hidup. Di bawah ini adalah foto saya, saya harap Anda akan senang melihatnya kapan saja Anda bebas. Saya juga ingin Anda mengirimi saya foto Anda sendiri dan memberi tahu saya lebih banyak tentang diri Anda. Anda berasal dari negara mana? Apa nama aslimu? Berapa usia Anda sekarang? Dan, apa profesi Anda? Apakah Anda sudah menikah atau belum menikah? Tolong bisakah saya mempercayai Anda dengan sepenuh hati?

dan mohon maaf sobat ngoding, saya tidak bisa menampilkan disini fotonya karena saya yakin pelaku tidak menggunakan foto asli.

Berlanjut setelah itu, saya tidak langsung merespon karena saya langsung sadar kalau saya sudah menjadi target penipuan dan saya berfikir agak lama untuk merespon orang ini.

Setelah sholat dzuhur sayapun punya ide untuk terus membalas orang ini dan memberikan dia harapan agar seolah-olah saya sudah termakan omongan dia. Sayapun menjawab dengan memberikan informasi terkait nama saya dan umur saya. oh iya sebelumnya orang ini menelpon saya menggunakan whatsapp video sebanyak dua kali dan saya langsung menolaknya serta saya memberikan alasan bahwa saya tidak bisa berbahasa inggris.

Setelah saya menolaknya, diapun langsung masuk pada intinya, dia memiliki uang sebesar $1.500.000 (Rp.20.452.500.000) yang ingin dia sumbangkan kepada janda dan anak yatim dan dia ingin agar saya membangunkan rumah sakit serta dia ingin agar saya memberikan nama rumah sakit itu dengan nama dia untuk menghormati dia katanya.

Noted Percakapan lengkap akan saya sertakan diakhir tulisan ini

Oke dari sini sayapun berpura-pura seolah saya sangat antusias dan tertarik akan penawaran dia apalagi dia mengatakan bahwa dia ingin aku menggunakan 30%(6 miliar) dari total uang yang akan saya terima sebagai biaya operasional.

Setelah saya mengatakan setuju dan sepakat untuk menerima project itu, diapun meminta saya menunggu beberapa hari, dia bilang bahwa dia ingin mendiskusikan hal itu dengan beberapa orang kepercayaan dia. selang sehari setelah itu, diapun mengirimi saya pesan bahwa dia tidak bisa mengirimkan uangnya karena tidak diizdinkan oleh pemerintahan disana dan dia akan mengirimkan uangnya melalui agen pengiriman untuk itu dia meminta saya untuk mengirimkan alamat saya dan idCard saya baik KTP, SIM atau Pasport. Sayapun mengirimkannya karena di idCard saya tidak tertulis jelas alamatnya makanya saya berani mengirimkan kepadanya. Di KTP saya hanya tertulis nama dusun dan nama desa saja hal ini karena saya hidup dipelosok desa yang tidak ada sistem nomer pada masing masing rumah yang ada, dan saya sangat tidak menganjurkan untuk dilakukan oleh orang yang di idCard nya tertulis jelas alamat nya nomer dan RT/RW nya karena dapat dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Setelah saya mengirimkan informasi yang dia butuhkan, dia berkata bahwa akan menghubungi saya lagi apa bila sudah selesai mengurus pengiriman duitnya dan sayapun mengiyakan perkataaanya. Selang sehari setelah itu, saya mendapatkan pesan lagi darinya, dia sudah selesai mengurus pengirimannya dan dari sinilah mulai terlihat jelas niat dia untuk mendapatkan uang dari saya dia mengatakan hal seperti ini :

`I just received information from the courier office now. They have finished and finally concluded all arrangement with the diplomat and the package have been given to the diplomats completely sealed and label as a diplomatic luggage and baggage.

The Name of the diplomat is Dr. Larry Samuel and he travelled today and will arrive your country tomorrow morning 29/01/2020. So when the diplomat arrive there he will do the clearance of the luggage from the airport and custom authority and after that he will deliver it to your address or any place you want it.

The shipping company said that you will have to make clearance payment in your local currency, when the agent arrives in your country airport.

But you will pay the fee before they will allow the diplomat to come your house for delivering. And you have to make this little payment so that the custom agent in your country airport will not scan this box and dictate the content and seize it.

Please do not disappoint me when you receive this luggage because I believe and trust you so much and please follow all the instructions of the diplomat when he arrive there and do everything he tell you to make sure he get out of airport with the luggage without any difficulties.

You must not tell this to anybody, keep it top secret between you and me for our safety, and safety of the money. I wait to hear from you soon, have a pleasant day.`

dalam bahasa indonesia artinya sepertin ini

`Saya baru saja menerima informasi dari kantor kurir sekarang. Mereka telah selesai dan akhirnya menyimpulkan semua pengaturan dengan diplomat dan paket tersebut telah diberikan kepada para diplomat yang benar-benar disegel dan dilabeli sebagai koper dan bagasi diplomatik.

Nama diplomat adalah Dr. Larry Samuel dan dia bepergian hari ini dan akan tiba di negara Anda besok pagi 29/01/2020. Jadi ketika diplomat tiba di sana ia akan melakukan pembersihan bagasi dari bandara dan otoritas bea cukai dan setelah itu ia akan mengirimkannya ke alamat Anda atau ke tempat yang Anda inginkan.

Perusahaan pengiriman mengatakan bahwa Anda harus melakukan pembayaran izin dalam mata uang lokal Anda, ketika agen tiba di bandara negara Anda.

Tetapi Anda akan membayar biayanya sebelum mereka mengizinkan diplomat datang ke rumah Anda untuk mengantar. Dan Anda harus melakukan sedikit pembayaran ini agar agen khusus di bandara negara Anda tidak akan memindai kotak ini dan menentukan konten dan mengambilnya.

Tolong jangan mengecewakan saya ketika Anda menerima barang bawaan ini karena saya percaya dan sangat mempercayai Anda dan harap ikuti semua instruksi diplomat ketika dia tiba di sana dan lakukan semua yang dia katakan untuk memastikan dia keluar dari bandara dengan barang bawaan tanpa kesulitan.

Anda tidak boleh memberitahukan hal ini kepada siapa pun, merahasiakannya di antara Anda dan saya demi keselamatan kami, dan keamanan uang. Saya menunggu untuk mendengar dari Anda segera, semoga harimu menyenangkan.`

Secara tidak langsung dia sudah memberitahukan kepada saya niat dia yang sesugguhnya namun saya tidak langsung mengiyakan nya, dia melupakan beberapa hal penting untuk mengelabuhi saya yaitu lembar pengiriman dari agen yang dia gunakan, karena seharunsya setiap agen pengiriman memberikan kertas bukti pengiriman.

Disini saya tidak langsung frontal mengatakan bahwa saya telah mengetahui niat dia sebenarnya tapi saya masih ingin bermain main dengan dia, saya mengatakan bahwa saya tidak memiliki uang untuk membayarnya dan saya meminta dia untuk mengirimkansaya bebrapa uang agar saya bisa menebusnya.

Orang ini membaca pesan saya dan tidak membalasnya, sepertinya dia juga tahu kalau saya sudah mempermainkannya ari awal :-D dan pada akhirnya dia memblok saya :-D .. padahal saya belum memberikan ceramah ini kepadanya :-D ….

Percakapan lengkapnya silahkan ada pada gambar dibawah

oh iya, hal lain yang membuat saya tambah yakin kalau saya jadi korban adalah saat video call berlangsung, dia malah memutar video :-D .. dan dia pikir mungkin saya tidak sadar kali ya :-D .

generate

generate

generate

generate

generate

generate

Penulis bukan orang yang paling mampu, hanya ingin berbagi saja. Semoga dapat mengambil manfaat - Penulis

Post by: The Ngoding