OOP Pada dart - Pengenalan @ Cong Fandi | 2022-10-19T10:00:00+07:00 | 3 minutes read | Update at 2022-10-19T10:00:00+07:00

Kita masuk pada topik yang agak sedikit berat ya teman teman, yaitu tentang Object Oriented Programming (Pemrograman berbasis object).

Kita akan membahas dengan cara yang sedikit berbeda ya teman teman agar pahamnya mantep.

Langkah pertama yang kan akita lakukan, kita singkat OOP menjadi PBO ya. dari Object Oriented Programming menjadi Pemrograman Berbasis Object.

Oke, Kita bagi dua dulu ya kata kuncinya yaitu Object dan Pemrograman dimana object sendiri adalah kata benda sedangkan pemrograman adalah kata kerja.

maka jika kita breakdown menjadi seperti ini temen temen

Object = Bendanya

Pemrograman = Aktifitas membuat program

Oke dari sini kita dapat memahmi ya, bahwa PBO adalah suatu aktifitas membuat program yang dibasiskan pada benda.

Dari pengertian ini semoga gak tambah bingung yaa.. hahahah

Pertanyaan umumnya adalah, objeknya ini apa aja? Tentu jawabannya adalah objek apa aja, boleh itu hewan, manusia, kendaraan, rumah atau apapun ya terserah.

Contoh PBO Real

Seorang pengusaha properti ingin membuat aplikasi jual beli properti secara online.

dalam aplikasi tersebut terdapat daftar properti yang ditawarkan oleh admin dan dapat dilihat oleh user aplikasi sebagai pembeli.

Proses pembelian adalah dengan membuka aplikasi dan melakukan checkout, kemudian melakukan pembayaran.

setelah itu properti tidak dapat dilihat oleh user hingga user tersebut membatalkan pesananya.

Pembayaran dapat dilakukan secara transfer atau cash ditempat.

Step 1

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan semua kata benda dan kata kerja dari deskripsi diatas mulai dari

Kalimat 1 : Properti, aplikasi,properti

Kalimat 2 : aplikasi, properti, admin, user, aplikasi, pembeli

Kalimat 3 : Pembelian, aplikasi, checkout, pembayaran

Kaliamt 4 : properti, user, user,membatalkan pesanan

Kalimat 5 : pembayaran, transfer, cash

Step 2

Setelah selesai kita melist semua kata benda/object dan kat akerjanya, kita hapus kata kerja yang sama dari masing masing kalimat, maka akan jadi seperti ini guys

Kalimat 1 : Properti, aplikasi

Kalimat 2 : aplikasi, properti, admin, user, pembeli

Kalimat 3 : Pembelian, aplikasi, checkout, pembayaran

Kaliamt 4 : properti, user, membatalkan pesanan

Kalimat 5 : pembayaran, transfer, cash

Step 3

Lakukan penghapusan duplikasi kata pada masing masing kalimat, maka akan jadi seperti dibawah ini :

Kalimat 1 : Properti, aplikasi

Kalimat 2 : admin, user, pembeli

Kalimat 3 : Pembelian, checkout, pembayaran

Kaliamt 4 : membatalkan-pesanan

Kalimat 5 : transfer, cash

Step 4

Pisahkan antara Objek dan kata kerja, maka akan jadi seperti dibawah ini

Objek Kata Kerja
Properti Pembelian
Aplikasi Checkout
Admin Pembayaran
Pembeli batalkan pesanan
User transfer
cash

Step 4

Evaluasi hasil dari yang kita dapatkan dan gabungkan object yang memiliki kesamaan dan buang object yang tidak memilikihubungan dengan aplikasi kita, dan hasilnya akan seperti dibawah ini

Objek Kata Kerja
Properti Pembelian
Checkout
Pembayaran
User batalkan pesanan
transfer
cash

Step 5

Selesai, dan kita siap melakukan pemrograman berdasarkan objek yang sudah kita peroleh.

Namun yang berat adalah, bagaimana cara ngodingnya ?

Karena kita melakukan pendekatan terhadap objek objek yang kita dapatkan dari pemaparan klien kita, maka ini disebut sebagai pemrograman berbasis objek.


Ilmu adalah dongkrak terbaik untuk merubah nasib hidup manusia. dan ilmu tidak hanya ada dibangku sekolah saja. Belajarlah selagi mampu! Penulis

© 2018 - 2022 The Ngoding

Powered by Hugo with theme Dream.

avatar

The NgodingSebuah cita-cita hanyalah mimpi jika tidak tahu cara mewujudkannya