Dart Programming - Perkenalan @ Cong Fandi | 2021-07-07T00:59:00+08:00 | 2 minutes read | Update at 2021-07-07T00:59:06+08:00

Halo sobat ngoding!Pada beberapa pertemuan kedepan kita akan membahas tentang sebuah teknologi yang dikembangnkan oleh google.

Ya, teknologi ini merupakan bahasa pemrograman yang dipanggil Dart.

Untuk pengertian dan pengenalannya kita merujuk pada site resmi dari dart itu sendiri yaitu dart.dev. Dalam site resmi tersebut dijelaskan bahwa Dart adalah bahasa yang dioptimalkan untuk klien untuk mengembangkan aplikasi dengan cepat cepat di platform apa pun. Tujuannya adalah untuk menawarkan bahasa pemrograman yang paling produktif untuk pengembangan multi-platform, dipasangkan dengan platform runtime eksekusi yang fleksibel untuk kerangka kerja aplikasi.

Bahasa dart ini juga menjadi bahasa utama yang digunakan oleh framework Flutter untuk membangun sebuah aplikasi, namun dart juga mendukung banyak pekerjaan utama seorang developer seperti formatting, analyzing dan testing code.

Dart: The language

Dart merupakan sebuah bahasa yang ber type-safe, artinya ia menggunakan pemeriksaan statis untuk memastikan bahwa nilai dari sebuah variable selalu cocok dengan tipe statis variable. Kadang ini juga disebut sebagai typing. Meskipun tipe bersifta wajib, tapi anotasi nya bersifat opsional karena inferensi tipe.

Dart juga menawarkan sebuah null-safety dimana nilai dari sebuah variable tidak boleh bernilai null kecuali memang di definisikan boleh bernilai null. Dengan null-safety ini, sebuah aplikasi akan terhindar dari aplikasi force-close karena sebuah varible benilai null atau tidak terdifinisi. Tak seperti kebanyakan null-safety pada bahasa yang lain, ketika dart menentukan bahwa sebuah variable tidak boleh bernilai null, maka variable itu akan selalu bernilai non-nullable atau tidak boleh bernilai null.

Penutup

Jadi, bahasa dart dapat kalian gunakan untuk membuat aplikasi desktop, web dan mobile programming.

Cukup sekian untuk tahap perkenalan ini agar tidak terlalu membuat kalian pada bingung kita gaskan ke tutorial selanjutnya yaitu Persiapan Instalasi

Cita-cita hanyalah sebuah mimpi jika tidak tahu cara untuk mewujudkannya! - Penulis

© 2018 - 2022 The Ngoding

Powered by Hugo with theme Dream.

avatar

The NgodingSebuah cita-cita hanyalah mimpi jika tidak tahu cara mewujudkannya