5 Library Terpenting Flutter Versi Thengoding
Developer

5 Library Terpenting Flutter Versi Thengoding

2020, Aug 24    

Hola sobat ngoding..kali ini thengoding ingin berbagi seputar library terpenting versi thengoding . Librari ini sering banget digunakan saat thengoding membangun aplikasi baik aplikasi online maupun aplikasi offline, mau tahu librari apa saja ?

Nyok kita bahas bersama

1. Packageinfo

Posisi pertama adalah sebuah library yang dibuat oleh flutter.dev dengan jumlah likes sebanyak 325 dan 99% popularitas. Aplikasi ini sangat dibutuhkan jika sobat ngoding hendak membuat aplikasi dapat memberikan notifikasi update,

contoh sederhanya : Aplikasi akan memunculkan popup notifikasi bahwa telah tersedia versi terbaru dari aplikasi yang sobat ngoding upload ke playstore atau appstore.

2. Provider

Posisi kedua nih temen-temen, ada Provider. Librari ini pasti thengoding gunakan disetiap membuat aplikasi, karena cara penggunaannya yang mudah dan maintanance yang ga ribet ya… dengan librari ini saya bisa menggunakan state dari halaman yang sudah ditutup atau di destroy. mirip fungsi MVVM.

3. Shared Preferences

Yang ketiga nih temen-temen, ada librari yang sifatnya seperti database tapi hanya menyimpan satu jenis data menggunakan key dan value.. saya biasanya menggunakan librari ini untuk menandai suatu halaman sudah pernah dikunjungi atau tidak dan sudah pernah login atau belum dan lain lain.. intinya data yang siftnya local dan pasif transaksinya.. kalau datanya dinamis ada baiknya menggunakan db yang lain ya seperti sqflite dan yang semisal

4. Flutter Crashlytics

Kalau yang ini temen2, saya pasti gunakan juga untuk mentracking penggunaan aplikasi yang sudah dipublish maupun yang belum ke publish. kebayang tidak jika seandainya aplikasi kita ada bug dan kita tidak tahu penyebabnya ? nah, dengan librari ini kita dapat memantau perkembangan aplikasi kita, bahkan kita bisa mengetahui informasi error sebelum si user melaporkan masalhanya kepada kita.

5. Intl

Yang terakhir nih temen-temen, sebuah librari yang multy fungsi.. Saya juga kutang thau ya kepanjangannya apa.. tapi sejauh ini thengoding gunakan untuk keperluan multi language dan formate tanggal dan waktu. Tapi saya sarankan temen2 coba deh lib yang satu ini, keren banget ini lib. kalau dari website resminya, dia mengatakan seperti ini temen2.

This package provides internationalization and localization facilities, including message translation, plurals and genders, date/number formatting and parsing, and bidirectional text.

Cukup sekian sobat ngoding tulisan kali ini semoga bermanfaat dan see you on the next chapter :-) .

Sekedar ingin berbagi, dan bukan yang paling mampu - Penulis

https://thengoding.com

Cong Fandi

iOS Developer, Android Developer, Web Developer